Rabu, 02 Maret 2011

Bayi Lahir dengan Otak di Luar Kepala

Susilowati hanya bisa pasrah. Dia sama sekali tidak menyangka jika bayi yang dilahirkannya, baru-baru ini, mengalami kelainan. Padahal selama dalam kandungan dan proses persalinan, bayinya dinyatakan sehat.

Bayi berusia 15 hari yang belakangan diberi nama Rikiyadi Saputro itu lahir dengan otak berada di luar kepala. Bersama suaminya, Paryadi, Susilowati sempat membawa sang bayi ke Rumah Sakit Umum Daerah Purwodadi. Namun karena pihak rumah sakit tak sanggup mengobati, sang bayi dirujuk ke RS Karyadi Semarang.

Rujukan rumah sakit membuat Susilowati bingung. Sebab, dia dan suami sama sekali tak mempunyai uang untuk berobat maupun ongkos perjalanan ke Semarang. Selama di RSUD Purwodadi saja, mereka mengandalkan kartu jaminan kesehatan daerah agar bisa berobat.

Hingga saat ini Paryadi masih mencari utangan agar bisa membawa anaknya ke RS Karyadi. Sedangkan sang bayi bersama ibunya dan neneknya, Sayem. Menurut Sayem, ketika lahir ada benjolan sebesar ibu jari berwarna merah pada kepala Rikiyadi. Lama kelamaan benjolan tersebut semakin membesar hingga akhrinya sang bayi dibawa ke rumah sakit.

Menurut dokter spesialis anak Muhadjir, banyak faktor yang menyebabkan bayi menderita seperti Rikiyadi. Antara lain dari keturunan, zat adiktif, atau obat-obatan. Untuk itu dia mengimbau supaya para ibu bisa lebih berhati-hati saat mengandung.(ULF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar